5 Kebiasaan Buruk Bikin Kulit Kusam yang Harus Kita Hindari

Siapa sih yang nggak mau punya kulit yang cerah dan sehat? Aku yakin banyak sekali orang, khususnya cewek yang menginginkannya.

Sayangnya, nggak semua aware sama kondisi kulitnya. Malahan tanpa sadar, mungkin saja, kita sudah melakukan 5 kebiasaan buruk yang bikin kulit wajah kusam. Apa saja itu? Cek di sini ya!


Kebiasaan Buruk Bikin Kulit Kusam
Kulit Kusam


Kebiasaan Buruk yang Bikin Kulit Kusam

1. Jarang Minum Air Putih

Sebagian besar tubuh kita tuh tersusun oleh cairan. Sehingga, sangat wajar jika rata-rata kita butuh 2 liter air setiap harinya. Tergantung sama aktivitas dan kondisi tubuh juga sih.

Gimana kalau kita jarang minum air?

Ada beberapa penyakit sih yang mengintai, kayak tekanan darah menurun, sembelit sampai penyakit batu ginjal dan infeksi saluran kencing.

Selain itu, jarang minum air putih tuh bakal bikin kita dehidrasi yang mengakibatkan kulit jadi kering, kusam, pucat, berkerut dan bersisik. Kita jadi kelihatan lebih tua.

Iyuh. Pasti nggak mau 'kan kayak gitu. Jadi, mending kita cukupkan kebutuhan cairan harian ya! Biar nggak dehidrasi dan kulit jadi terasa lembap dan sehat.

2. Sering Begadang

Kebiasaan buruk yang bikin kulit kusam kedua adalah sering begadang. Aku sering banget melakukannya. Banyak deadline membuatku sering tidur sampai lewat tengah malam.

Padahal, kalau kita ingin kulit terlihat cerah tuh harus memperhatikan jadwal tidur juga. Kenapa?

Saat tidur, tubuh kita akan memproduksi sistem imun yang menghasilkan keratin dan kolagen yang berfungsi untuk mengencangkan kulit.

Lagian ya, saat tidur tuh tubuh akan melakukan proses regenerasi sel kulit. Kalau kitanya kurang tidur, maka performa restorasi bakalan terhambat. Sehingga bikin kulit kita tampak lebih kusam.

3. Jarang Memakai Sunscreen

Tahu nggak sih? Paparan sinar UV tuh juga bikin kulit tampak kusam lho.

Kita tuh sering banget berpikir kalau nggak perlu pakai sunscreen kalau hanya di rumah saja. Kalau pun udah pakai sunscreen, eh malah malas buat reapply.

Padahal siapa coba yang bisa menjamin sinar UV nggak bisa masuk ke dalam rumah?

4. Nggak Mau Pakai Pelembap

Biar kulit nggak kusam, kita harus menjaga kelembapannya. Agar kada air dalam lapisan kulit tetap terkunci.

Tapi, ada saja lho cewek yang masih malas pakai pelembap. Alasannya macam-macam. Yang kulitnya sudah baguslah dan lain sebagainya.

5. Jarang Membersihkan Wajah

Emang ada cewek yang jarang membersihkan wajah?

Yah, kalau kubilang sih bukan nggak mungkin ya ada tipe cewek yang begini. Malas membersihkan wajah. Sudah lelah, letih dan lesu setelah beraktivitas seharian. Nyampek rumah pinginnya langsung rebahan.

Padahal sisa make up dan debu yang menempel di kulit tuh bisa menyumbat pori. Bayangin deh kalau nggak kita bersihkan. Bisa bikin kulit tampak kusam dong.

Mending kita rajin bersihkan kulit deh. Pake dah tuh micellar water dan face wash.

Jadi, Teman-teman Zahrah! Kalau kulit kita nggak mau terlihat kusam. Kusarankan kita hindari deh 5 kebiasaan buruk yang bikin kulit kusam yang sudah kita bahas sejak tadi. Nggak ribet kok rasanya. Iya nggak sih?

Posting Komentar

0 Komentar